Attention!

"ATTENTION! NO COPY-PASTE THIS BLOG WITHOUT PERMISSION OR DIE!!! Please, be my guest and follow me. Gomapta!" ^^

Minggu, 02 Oktober 2011

FreeTalk: SNSD's The 3rd Album "The Boys" (The End of Fairy Tales)

Kanpeki na bad girl~ yo~!
Ekekekekekek, I'm coming again after almost a month! Okey, sebelumnya bisarkan gw curhat dulu bentaran. Pastinya semua SONE udah tahu kan kalau bulan Oktober ini SNSD bakalan merilis album ketiga mereka dengan judul "The Boys". Yup, you know what? The album release was postponed alias ditunda. Uwah, jujur gw galau banget dengernya tapi mw gimana lagi coz alasan mereka sendiri dikarenakan SM juga inin merilis US album mereka. Mgkn pengen ngeraup pasar internasional kyknya (gak mw kalah sama WG). Tapi ini yang amat gw sayangkan sebenernya. Why? Krna sedari awal, akhir tahun ini harusnya adalah come-back SNSD untuk Korea ---> catet! Egk ada schedule buat invasi ke daerah barat walaupun sebenernya mereka sendiri secara egk langsung udah mendunia like the others. Just post the video on YT, then everybody will know you soon. Yak, cukup sekian dulu unek2 gw di sini, mari kita lanjutkan apa yg bakalan gw bahas.

Gak bisa dipungkiri teaser album terbaru SNSD bener2 bikin para SONE galau! (termasuk saya, wkwkwkwkwk). Mulai dari gosip-gosip tentang tema yang mereka pakai, photo teaser sampai yg terbaru adalah MV teaser-nya dengan jumlah dislike yg lumayan banyak (sapa lagi klo bukan antis~). Hingga akhirnya terungkap juga yang sesungguhnya dimana di album "The Boys" ini mereka berperan layaknya putri dari negeri dongeng. Thats why it called "the end of fairy tales". Banyak fans yang menebak-nebak mereka sebagai apa dan maka dari itu gw mw nulis pendapat gw tentang foto2 mereka. Mian, klo kalian bakalan ada yg egk sesuai dengan apa yg gw tulis krna ini adalah menurut pendapata gw dari berbagai sumber yang udah gw baca. Like what? Just check it out~

~The 3rd Album of Girls' Generation "The Boys"~

Seperti yang bisa kita lihat dari cover album baru SNSD kemarin, para member memerankan salah satu karakter dari negeri dongeng. Untuk mengetahui cerita apa yg mereka ambil, coba kita lihat dengan jeli dimana ditiap-tiap gambar pasti terselip clue dari putri yang mereka perankan. Tup, seperti Taeyeon dengan apel, Jessica dengan burung dan angsa, Sunny dengan serigala, Tiffany dengan ikan, Hyoyeon dengan daun teratai, Yuri dengan sepatu merah, Sooyoung dengan sisir, Yoona dengan anggar (rapier) dan Seohyun dengan kristal es. SM emang pinter bikin konsep yang 'wah' dan berbeda untuk setiap artisnya. Namun semoga konsep SNSD ini egk menjadi sia-sia seperti apa yang mereka lakukan dengan salah satu artis mereka juga dimana mereka berfoto sesuai image negara-negara di dunia (gak perlu disebut, semua juga pada tahukan~). Sejauh ini SNSD bisa dibilang konsisten dengan konsep mereka sendiri disetiap album yg mereka rilis mulai dari album pertama "Girls' Generation" dengan image cute, innocent & pure, album kedua "Oh!" yang retro (liat aja MV Oh!), mini album "Gee" yg girlie abis, re-package album "Run Devil Run" dengan dark concept, ala marine di "Tell Me Your Wish" sampai di "Hoot" yang mengusung tema gadis Bond & western. Cuma satu konsep SNSD yang menurut gw gagal yaitu pada album Jepang pertama yang berkonsep sebagai lady karna tidak ada satu MV pun yang menampilkan mereka sesuai cover album paling egk untuk MV ballad-lah. But who knows, maybe next.


Time to reaveal the princess~ Jadi dari clue yang diberikan, kalian pasti udah bisa nebak dong mereka sebagai apa. Sejauh ini yang blm bisa dipastikan hanya Yoona (iyalah, putri mana yg suka main pedang~?) dan gw punya pemikiran sendiri untuk karakter ini, kekekeke. So, this is the list.

The Stories:
  • Kim Taeyeon from The Snow White & 7 Dwarves
  • Jung Jessica from Swan Lake
  • Lee Sunny from The Red Ridding Hood
  • Hwang Tiffany from The Little Mermaid
  • Kim Hyoyeon from Thumbellina
  • Kwon Yuri from The Red Shoes
  • Choi Sooyoung from Rapunzel
  • Im Yoona from Princess Knight
  • Seo JooHyun from The Snow Queen

1. Taeyeon "Snow White"


Dilihat dari clue yang ada yaitu sebuah apel, pastinya yang berhubungan dengan itu hanyalah tokoh Snow White alias Putih Salju atw di sini lebih dikenal sebagai Putri Salju. Yup, teaser Taeyeon adalah teaser yang pertama muncul setelah banyak rumor yang beredar. Snow White sendiri merupakan salah satu dongeng terkenal dari Grimm bersaudara asal Jerman. Pada tahun 1937, Walt Disney mengangkat cerita ini ke layar perak dan sukses. Bahkan dia mendapatkan penghargaan atas film yang dibalut dengan musikal juga. Snow White menceritakan tentang seorang putri yang mempunyai ibu tiri (ratu) sekaligus penyihir yang sangat narsis. Gimana enggak, tiap hari kerjanya tuh bibi nanya ke cermin ajaib tentang siapa yang paling cantik di jagat ini dan mungkin saking bosennya ditanya tuh cermin jadinya jawab kalau yang paling cantik adalah Snow White. Emang realistis karna dilihat dari segi umur yg jauh lebih muda pastinya anak tirinya itu akan jadi yg tercantik. Mendengar hal itu, kontan aja sang ratu marah dan kemudian mengutus seseorang untung membunuhnya. Sayang, niatnya gagal karena sang utusan rupanya tidak sanggup melakukan hal tersebut dan membiarkan Snow White pergi. Dalam pelariannya sang putri nantinya akan bertemu dengan para kurcaci yang berjumlah 7 orang dan menolong dirinya. Untuk sementara kehidupan Snow White pun aman sampai akhirnya sang ratu tahu dan memutuskan untuk turun langsung membunuhnya dengan menyamar sebagai seorang nenek2 dan memberinya sebuah apel beracun.

2. Jessica "Swan Lake"


Karakter Jessica kali ini mewakili tokoh Odette dari cerita "Swan Lake", bisa dilihat dari gambar angsa di samping gambarnya. Teaser Jessica dengan menampilkan dirinya memakai gaun putih dengan seekor burung merpati. Jujur, pada awalnya gw sendiri sempet bingung sama karakternya apakah Snow White atw Swan Princess. Tapi semua terungkap dari teaser cover album di atas. Okey, "Swan Lake" ini aslinya cerita rakyat asal Rusia yang kemudian terkenal karna digubah menjadi sebuah pertunjukkan musikal drama balet oleh komposer Rusia juga bernama Tchaikovsky pada tahun 1875 yang mengisahkan tentang seorang putri bernama Odette dari sebuah kerajaan yang kemudian dikutuk oleh penyihir jahat. Kutukkan tersebut membuat dia berubah menjadi seekor angsa pada siang hari dan kembali seperti semula pada malam hari. Hingga suatu saat seorang pangeran tengah memergokinya saat berwujud manusia dan jatuh cinta pada Odette. Untuk mengakhir kutukkan itu hanya ada satu cara yaitu sang pangerran harus melamarnya tapi sayang pada hari yang telah dinantikan, Odile, putri penyihir menyamar menjadi Odette dan menghancurkan harapan sang putri dimana dia akan tetap menjadi seekor angsa. Merasa sangat marah akhirnya pangeran diberitahu oleh salah satu peri untuk membunuh si penyihir jika dia ingin Odette terlepas dari kutukkan. "Swan Lake" ini juga pernah diadaptasi oleh Walt Disney dengan judul "The Swan Princess" pada tahun 1994 namun kurang sukses dipasaran (yg sukses malah Lion King, film pertama yg gw tonton di bioskop dulu~ xD).

3. Sunny "Red Ridding Hood"


Yang ketiga adalah Sunny yang bisa dibilang karakternya bukan seorang putri karena dalam ceritanya sendiri emg egk ada sosok pangeran melainkan serigala sekaligus menjadi clue untuk karakternya. Aslinya tokoh utama dari cerita ini adalah seorang gadis kecil berkerudung merah dan merupakan cerita rakyat dari negara Perancis. "Red Ridding Hood" juga telah ditulis dalam berbagai versi seperti Charles Perrault pendongeng asal Perancis di abad ke-17 dan juga Grimm bersaudara. Tidak ada penamaan yang pasti untuk karakter ini karena hanya disebut sbg si kerudung merah dan mengisahkan tentang petualangannya dalam menjenguk neneknya yang sedang sakit dimana dia harus melewati hutan untuk sampai di rumah sang nenek. Di tengah perjalanan, seekor serigala jahat rupanya mengetahui hal tersebut dan berniat memangsanya tapi egk jadi karna takut dia akan ditembak oleh pemburu jika tertangkap basah memakannya. Serigala jahat itu pun akhirnya memutuskan untuk menyamar menjadi neneknya setelah sebelumnya dia juga memangsa si nenek. Setibanya di tempat tujuan, kerudung merah merasa ada yg aneh dengan tubuh neneknya yang diamati memiliki tangan dan gigi yang besar. Blm sempat menyadari apa yang terjadi, serigala sudah terlebih dulu memakannya. Namun akhirnya dia dan sang nenek selamat berkat pertolongan seorang pemburu yang kemudian mengganti isi perut hewan itu dengan batu2 yang berat. Di tahun 2011, cerita ini juga diangkat menjadi sebuah film layar lebar yang dibintangi oleh aktris Amanda Seyfried (blm sempet nonton~ >_<).

4. Tiffany "The Little Mermaid"


Next, we have Fany as Little Mermaid~ Sama seperti Sunny, karakter Fany termasuk yang mudah ditebak (lambangnya ikan). Dongeng "The Little Mermaid" berasal dari sebuah puisi Denmark yang kemudian ditulis menjadi sebuah kisah oleh Hans Christian Andersen, raja dongeng dunia yg juga dari negara yang sama dimana menceritakan tentang seorang putri duyung yang jatuh cinta pada seorang pangeran saat dia berenang menuju permukaan. Suatu hari sebuah badai besar melanda dan menerjang kapal yang ditumpangi oleh pangeran tersebut. Tanpa ragu, putri duyung pun menolongnya. Sayang, belum sempat pangeran itu sadar, dia udah keburu kabur karena takut diketahui keberadaannya oleh manusia. Begitu besar keinginan putri duyung menjadi seorang gadis biasa hingga akhirnya dia berani memutuskan untuk pergi ke seorang penyihir guna mendapatkan ramuan untuk jadi manusia dengan syarat sebagai gantinya sang putri harus menukar suaranya yag indah. Impiannya pun tercapai dan memutuskan untuk segera mencari sang pangeran. Tapi nasib berkata lain karena ternyata pangeran tersebut telah bertunangan dengan seorang putri yang dia sangka telah menyelamatkan nyawanya. Meski putri duyung mencoba menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, usahanya berubah sia-sia karena dia sekarang telah bisu. Hari pernikahan pangeran pun tiba dan ini membuat putri duyung patah hati. Para saudaranya yang mengetahui hal tersebut memutuskan untuk membantu sang putri agar beruabah kembali menjadi seorang duyung dengan menukar rambut indah mereka untuk sebuah belati dan dia harus menusukkan belati itu pada orang yg dicintainya. Karena tidak sanggup, putri duyung mengurungkan niatnya dan kemudian dia pun berubah menjadi buih...

5. Hyoyeon "Thumbelina"


Mungkin Hyoyeon satu-satunya karakter yang paling mini. Thumb ---> jempol~ dan merupakan salah satu dongeng ciptaan Hans Christian Andersen. Bercerita tentang petualang seorang gadis berukuran sebesar jempol bernama Thumbelina yang lberasal dari sekuntum bunga. Suatu ketika di saat dirinya tertidur, seekor katak membawanya diam-diam untuk dinikahkan dengan anaknya. Berkat bantuan ikan dan kupu-kupu, Thumbelina akhirnya berhasil kabur. Namun setelah itu giliran para serangga yang mengejarnya. Dia juga harus melewati ganasnya musim dingin dan beruntung seekor tikus kali ini menolongnya. Sang tikus berpendapat kalau lebih baik dirinya menikahi tikus tanah yang juga tetangga si tikus tapi Thumbelina menolak permintaannya karena dia tidak mau menikah dengan makhluk seperti itu. Lagi-lagi Thumbelina kabur dan kali ini dia memutuskan untuk menumpangi seekor burung wallet yang dia pernah rawat akibat terluka guna pergi ke tempat nun jauh di sana. Hingga Thumbelina pun sampai di sebuah lahan yang dipenuhi bunga matahari dan kemudian bertemu pangeran peri bunga yang juga seukuran dengannya. Bisa ditebak akhirnya mereka menikah dan Thumbelina mendapatkan sepasang sayap dari suaminya itu yang mana juga mendapat sebuah nama baru, Maia.

6. Yuri "The Red Shoes"


Sekarang giliran kita mengulas karakter Yuri (my fav member~). Yup, dengan clue sepatu merah jadi gak dapat diragukan lagi kalau dia mewakili cerita "The Red Shoes" yg lagi-lagi dikarang oleh Andersen appa. Kisahnya sendiri menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Karen yang diadopsi oleh wanita tua yang kaya raya namun  baik hati. Sayangnya dia malah menipu ibu angkatnya itu untuk membelikannya sepasang sepatu merah. Sejak itu Karen selalu lalai menjalankan kewajibannya sebagai seorang anak maupun manusia. Yeah, dia tidak lagi rajin pergi ke gereja dan sibuk pamerin tuh sepokat. Gak itu aja, di saat sang ibu angkat itu tengah menghadap ajalnya, si Karen malah asik berpesta. Akhirnya seorang ksatria misterius muncul dan memberi sebuah pertanda pada sepatu tersebut agar Karen tidak bisa berhenti menari. Meski dia berusaha melepaskannya tapi tidak bisa dan yg ada nyangkut di kakinya. Dia pun terus menari tanpa henti hingga kakinya terluka parah dan bahkan dirinya tidak bisa menghadiri pemakaman ibu angkatnya. Kali ini seorang malaikat muncul di hadapannya dan berkata pada Karen kalau dia akan terus menari sampai hari kematiannya. Mendengar hal itu tentu saja Karen langsung meminta pengampunan namun udah telat. Karena sudah putus asa, akhirnya Karen meminta seorang eksekutor untuk memotong kedua kakinya. Sbg gantinya dia pun diberi sepasang kaki palsu. Kedua kaki aslinya yg dipotong pun masih terus menari tanpa henti. Sejak itu Karen rajin berdoa agar dosa-dosanya dimaafkan dan dia juga rajin pergi ke gereja. Suatu saat dia pun mendapatkan pekerjaan sebagai pelayan, namun pada hari minggu Karen tidak diperbolehkan keluar rumah. Meski demikian dia terus berdoa dan malaikat akhirnya muncul kembali memberi pengampunan sekaligus membawa jiwanya ke surga...

7. Sooyoung "Rapunzel"


Now is shikshin turns, kekekeke. Howeh, ngeliat Youngie makin lama makin cantik euy *drooling*. Enough! Alright, karakter yang diperankan oleh Sooyoung adalah Rapunzel. Dimana ciri khas tokoh ini adalah rambutnya yang amat sangat panjang sekali. Dongeng "Rapunzel" sendiri sebenernya adaptasi dari cerita "Persinette" yang kemudian ditulis lagi oleh Grimm bersaudara. Rapunzel menceritakan seorang putri cantik dengan nama yang sama. Dia dikurung oleg seorang peri bernama Dame Gothel. Kenapa dia dikurung? Ini juga gara2 ulah kedua orang tuanya dimana sang ibu saat mengandung dirinya ngidam sebuah tanaman yg disebut 'rapunzel'. Karena mereka telah lama menantikan anak maka sang suami pun rela memetik tanaman tersebut dari kebun milik Dame Gothel hingga akhirnya dia pun ketahuan dan sebagai ganti pengampunannya Rapunzel dibawa  oleh sang peri. Seiring berjalannya waktu, Rapunzel tumbuh menjadi gadis cantik dengan rambut berwarna emas. Ketika umurnya beranjak 20 tahun, dia dikurung di sebuah menara yang di tengah hutan, tidak ada tangga atw pun pintu, hanya satu jendela saja yang ada. Oleh sebab itu dia memanjangkan rambutnya. Suatu hari secara tidak sengaja seorang pangeran mendengar suara nyanyian Rapunzel dan menghampirinya. Sayang, egk ada akses untuk masuk. Jadilah dengan rambutnya yang super panjang sang pangeran menaiki menara tersebut dan bertemu Rapunzel. Hal ini terus mereka lakukan jika Dame Gothel sedang tidak berada di tempat tersebut (setiap malem~ coba tebak ngapain? ekekekek). Kegiatan rutin mereka pun berakhir dimana suatu ketika pangeran itu terkejut melihat si peri berada di kamar Rapunzel dan gadis itu tidak ada di tempat tersebut. Ini diakibatkan karena Rapunzel tidak sengaja membuatnya marah hingga si peri memotong rambutnya. Akhirnya Dame Gothel memberitahu sang pangeran kalau dirinya tidak akan lagi bisa bertemu dengan Rapunzel dan pengeran pun melompat dari menara tersebut selain itu dia menjadi buta.

8. Yoona "Princess Knight"


Okey, gw akui hanya karakter Yoona yang paling sulit diprediksi. Ada yang bilang dia mewakili Beauty and the Best tapi klo menurut gw pribadi Yoona mewakili tokoh putri Sapphire dari cerita "Princess Knight" karangan Osamu Tezuka. Yup, si dewa manga Jepang. Why? Karena dari clue yang ditinggalkan yaitu berupa sebuah rapier (kyk pedang anggar) senjata yang biasa digunakan pada abad pertengahan di Eropa. Selain itu dia juga cocok diibaratkan sebagai Lady Oscar (penggemar manga pasti tahu yg ini, wkwkwkwk). Tapi melihat Yoona juga memakai tiara di kepala jd gw berasumsi dia sebagai seorang putri dan itu Saphire. Ceritanya sendiri mengisahkan tentang seorang putri yang harus berpura-pura menjadi pangeran guna mewarisi tahta kerajaan karena saat itu selain pria, wanita tidak berhak berkuasa. Di samping itu pewaris lainnya yaitu Duke Duralumon adalah seorang yang jahat jadi raja berusaha menyembunyikan kelahiran sang putri dengan mengumumkan kalau istrinya melahirkan anak laki-laki. Sapphire mempunyai teman malaikat traine kecil bernama Choopy yang dahulu secara tidak sengaja menjatuhkan 'blue heart' (for boy) & 'pink heart' (for girl) dalam diri Sapphire. Untuk memperbaiki kesalahnnya, dia diutus turun ke bumi dan menemani petualangan gadis itu hingga akhirnya sang Duke tahu siapa sebenarnya Sapphire.

9. Seohyun "The Snow Queen"


Dari fotonya mah udah ketahuan banget klo Hyunnie ini menjadi snow queen alias ratu salju, kekekek. Yeah, "The Snow Queen" banyak disebut sebagai salah satu karya terpanjang dan terbaik dari Andersen hingga diadaptasi ke berbagai versi dan bisa dibilang mempunyai jalan cerita sedikit angsty meski happy ending. Di awali dengan nenek dari Kay yang bercerita tentang legenda Snow Queen pada Kay dan Gerda. Hingga secara tidak sengaja sifat Kay berubah drastis menjadi jahat karena sebuah cermin. Sejak itu dia selalu berbuat nakal pada sang nenek dan tidak lagi peduli pada Gerda. Suatu hari sebuah kereta kuda aneh yang dikendarai oleh seorang wanita bermantel bulu putih datang menghampiri Kay yang sedang bermain di luar dari keramaian. Ya, dia adalah Snow Queen yang hanya menampakkan diri di tempat yang sepi. Ratu datang dan membawa pergi Kay dengan cara menciumnya dua kali. Pertama untuk membuatnya beku dan kedua untuk membuat Kay melupakan keluarganya dan Gerda. Sang ratu tidak menciumnya untuk yg ketiga kali karena akan menyebabkan Kay meninggal. Setelah itu, Snow Queen pun kembali ke istananya yang terletak di kutub utara. Gerda yang mengetahui Kay menghilang akhirnya memutuskan bertualang untuk menyelamatkan sahabat sekaligus orang yang dicintainya itu.

My Opinion:
Cerita dongeng tidak semuanya berakhir dengan happy ending. Kadang kita bakalan menemukan akhir yang cukup tragis atw bahkan menyedihkan. Kita juga tidak tahu apa yang ada di balik cerita-cerita tersebut. Bisa jadi ini juga berasal dari kisah nyata yang kemudian menjadi cerita rakyat dari mulut ke mulut. Banyak hal yang bisa diambil dari semua dongeng di dunia. Baik itu segi positif mau pun negatif. SNSD rupanya benar-benar ingin menampilkan image 'fairy tales' di album terbarunya. Meski demikian, konsep mereka dari teaser yg dimunculkan memiliki kesan dewasa dan sebagian agak sedikit 'dark'. Yasu, pokoknya kita tunggu aja seperti apa selanjutnya. OMG! Ternyata baca dongeng itu lumayan bikin puyeng tapi menarik. Gw baru sadar klo di dunia ini setiap negara ada yg punya cerita dongeng yg hampir mirip dengan negara lain. Okey, sekian postingan gw kali ini dan semoga bermanfaat. Mian klo ada yg salah dan egk sesuai pendapat kalian. Love you reader, chu~ SNSD jjang!!! ^3^

Sources:
en.wikipedia
soshified
allkpop
Translated & edited by me

NO COPAS OR DIEEEE!!!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

thanx taz infoY ttg SNSD Q gak sabar liat comeback mereka ;-) Pertama liat foto teaserY Q jga bingung ni Yoona jdi princess pa sich pi skrng gak bingung lgi thanx skali lgi :-) Aru lam kenal jga y ^-^v
~laeli~

Sarah (장나린) mengatakan...

Wow.. Keren :D

Winda Anggraini mengatakan...

unnie Ai... post kan lg donk berita ttg SNSD. kangen berat nih...

미쓰 Putri mengatakan...

misi.....
izin download mp3 nya ya (mp3 di music box blog nya)
lagunya bagus2 banget
makasi ^^