Attention!

"ATTENTION! NO COPY-PASTE THIS BLOG WITHOUT PERMISSION OR DIE!!! Please, be my guest and follow me. Gomapta!" ^^

Senin, 27 Juni 2011

FreeTalk: Another (Foreign) Version of SNSD's Songs

I'M BACK!!! Akhirnya setelah hiatus hampir sebulanan gw bisa juga meng-update blog tersayang ini. Buat para reader, gw ucapin terima kasih banyak karena udah bersedia mampir kemari meski isinya yang aneh-aneh, wkwkwkwk. Yup, di kesempatan kali ini gw kembali ngebahas tentang SNSD. Jujur, dari kemarin gw sempet penasaran sama beberapa lagu mereka yang ternyata punya versi lain (selain Jepang). Langsung kita mulai aja yak. ^^

SNSD jjang!!!




1. Tell Me Your Wish (Genie)

Lagu yang berasal dari mini album kedua SNSD ini dirilis pada tanggal 22 Juni 2009 dan ditulis oleh Dsign Music (Anne Judith Wik, Robin Jenssen, Ronny Svendsen, Nermin Harambasic) bersama Fridolin Nordso. Lagu ini aslinya berjudul "I Just Wanna Dance". Setelah SM Entertainment membeli izin lagu tersebut, liriknya ditulis ulang oleh Yoo Young-jin, dan melodinya diarasemen oleh Yoo Han-jin. Saat ini "Tell Me Your Wish (Genie)" sudah dinyanyikan ke dalam dua versi oleh SNSD yaitu Korea dan Jepang. Klo gw pribadi lebih suka yang versi dance-nya Japan ver (kakinya bow, egk nahan, wkwkwkwkwk).

SNSD - "Tell Me Your Wish (Genie)" MV by SMEnt

Kemudian muncul isu plagiat yang disebabkan oleh penyanyi asal Uzbekistan bernama Dineyra dengan lagunya yang berjudul "Raqsga Tushgin" (tadinya gw kira malah lagu "Genie" ini dari Uzbek, wkwkwkwkw). Hal ini terungkap bahwa Dineyra secara diam-diam telah meng-copy lagu tersebut tanpa izin dari pihak Universal Music, sehingga terjadilah plagiat dari "Tell Me Your Wish (Genie)" ini. Ternyata enggak di sini sama sana sama aja. Plagiarism is suck!!!

Dineyra - "Raqsga Tushgin"

Kesuksesan "Tell Me Your Wish (Genie)" rupanya juga membuat beberapa penyanyi luar negeri juga tergoda untuk mengadaptasi ulang lagu tersebut. Pada tanggal 19 Mei 2010, penyanyi asal Belanda bernama Nathalie Makoma merilis single keduanya berjudul "I Just Wanna Dance", yang merupakan versi resmi yang diizinkan dari Genie-nya Girls' Generation's (SNSD). Nathalie menyanyikan versi asli dengan lirik berbahasa Inggris yang ditulis untuk lagu ini (tetep, saya mah suka versi SNSD ajah).

Nathalie Makoma - "I Just Wanna Dance"

Baru-baru ini lagu "Tell Me Your Wish (Genie)" untuk kedua kalinya dibuat kembali ke dalam versi Inggris. Pada tanggal 3 Juni 2011, penyanyi pria asal Inggris C.J. Lewis merilis singlenya yang berjudul "Genie" cuma bedannya dia pake rap disini. Versi ini juga keren, serasa ajep-ajep gimana gitu, kekekeke.

C.J Lewis - "Genie"

2. Run Devil Run

Lagu "Run Devil Run" ini adalah salah satu lagu "repackaged" dari album "Oh!" yang dirilis pada bulan Maret 2010 dengan konsep "Dark Girls' Generation" atau biasa disebut Dark SoShi (they're sexy!) dan dirilis digital single pada 17 Maret 2010. Pada MV Korea-nya, "Run Devil Run" memiliki dua versi yaitu versi asli seperti yang biasa kita lihat dan versi cerita (story version) dimana dijelaskan asal muasal dari Dark SoShi sendiri yang berasal dari kecerobohan Jessica (pasti inget dong pas MV "Oh!" si Sica numpahin air terus kena ke komputer). Untuk lebih jelasnya coba tonton MV-nya. Check it!

SNSD - "Run Devil Run" (story version) MV by SMEnt.

Aslinya, "Run Devil Run" sendiri dirilis secara digital pada 9 Januari 2010 oleh sang empunya Ke$ha yang lalu dijual izinnya kepada pihak SM Entertainment untuk dinyanyikan SNSD. Jadi sekarang cuma SM yang berwenang memakai lagu yang udah dibuat juga versi Jepang-nya ini. Dari arasemennya semua sama cuma liriknya aja yang diganti.

Ke$ha - "Run Devil Run"

3. Mr. Taxi

Terakhir adalah lagu "Mr. Taxi" yang dirilis pada tanggal 27 April 2011. Lagu ini merupakan single Jepang pertama mereka untuk pasaran Jepang (bukan daur ulang kayak "Genie" dan "Gee"). Mengetengahkan konsep mereka yang semakin mature dengan kostum ala tukang taksi (mksdnya warnanya taksi ya) menjadikan lagu menjadi hits di negeri tersebut. Kemudian pada tanggal 1 Juni 2011, lagu ini masuk ke dalam album 1st Japan Album mereka. Seperti biasa, MV-nya dibuat kedalam dua versi yaitu versi asli dan dance version. Love it!

SNSD - "Mr. Taxi" (dance version) MV by SMEnt.

Sama halnya dengan kedua lagu di atas, "Mr. Taxi" juga ditulis oleh seorang komposer asing bernama Allison Veltz. Beberapa waktu yang lalu versi Inggris-nya pun telah diunggah di YouTube, arasemen musiknya tetap sama hanya terjadi perbedaan diliriknya aja dan juga artinya.

Allison Veltz - "Mr. Taxi"

My Opinion:
Okey, gw cuma mw bilang kalau gw cuma nulis postingan ini hanya untuk sharing not bashing (I'm SONE too). Emang sangat disayangkan kalau beberapa lagu mereka itu hasil pembelian dari pihak lain tapi toh gw pribadi lebih suka versi SNSD dibanding lainnya. So, semuanya kembali kepada selera masing-masing. I love SNSD forever. Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan maaf banget kalau ada kekeliruan di postingan ini. See you and bubye! ^3^

NO COPY-PASTE or DIEEE!!!

Sources:
and many site... thanks very much.

5 komentar:

cha_sya mengatakan...

wkwkwk to picture serem banget ....Nota bashing

Aru mengatakan...

@cha_sya,,
Namanya juga versi "black soshi", kekekeke. Harus rada serem dong. xD

Sherlina Rachma mengatakan...

izin re-post di blog saya boleh nggak, ntar biar saya cantumin sumbernyaa :))
makasii

Aru mengatakan...

@Sherlina,,

Boleh aja, asal link-nya idup ya. ^^

Anonim mengatakan...

ika numpahin air? Oh tau tau itu emang si timun selalu usil gak kesampean