Attention!

"ATTENTION! NO COPY-PASTE THIS BLOG WITHOUT PERMISSION OR DIE!!! Please, be my guest and follow me. Gomapta!" ^^

Rabu, 05 Januari 2011

Review K-Movie: Memento Mori

Yabuseyo? Iseng-iseng browsing internet gw jadi kepikiran tentang film Memento Mori. Mungkin untuk sebagian penggemar Korea saat ini agak asing dengan judul ini. Ya, film Korea buatan tahun 1999 ini merupakan film horor Korea pertama yang gw tonton. Gw sendiri agak lupa kapan tepatnya gw nonton niy film. Tapi klo egk salah siy sekitar tahun 2001an gt, gw cuma inget nonton film ini di Tr**s TV. Zaman Korea baru masuk di Indonesia gitu deh (setelah Endless Love tayang pokoknya). Jujur, gw udah lupa sama sekali dengan jalan ceritanya. Yang gw inget cuma ini film ada adegan lesbiannya doang. Yup, pertama kalinya gw nonton film Asia yg ada ciuman antar ceweknya (what the???). Mgkn karena setting film ini sendiri adalah sekolah khusus cewek yg isinya udah pasti cewek semua. Okey, karena gw masih hunting ini film (susah bgt nemunya, maklum film lama) jadi gw tulis review-annya berdasarkan wikipedia dan seinget gw dulu ya.



Memento Mori merupakan seri kedua dari sekuel Whispering Corridors yg emang mengambil latar di sekolah khusus cewek semua. Film ini berkisar tentang hubungan antara dua siswi SMU yaitu Yoo Shi Eun (Lee Young Jin) dengan Min Hyo Shin (Park Ye Jin). Namun ketika hubungan cinta terlarang mereka diketahui oleh siswi lainnya, mereka pun jadi dikucilkan (iyalah, wong gak normal gitu). Tidak tahan dengan tekanan sosial karena memiliki kekasih sesama jenis, Shi Eun mencoba menjauhkan diri dari ketergantungannya kepada Hyo Shin. Dia pun marah terhadap sikap Shi Eun yang tiba-tiba berubah yang menurutnya itu sebagai bentuk penolakkan dan juga pengkhianatan pada dirinya. Akibatnya Hyo Shin pun bunuh diri dengan melompat dari atap gedung sekolah. Ternyata pada saat itu dia sedang hamil dan ayah dari sang bayi adalah guru sastra mereka, Mr. Goh. Plot cerita pun bergulir dan sekarang mengambil sudut pandang Son Min Ah (Kim Min Sun) yang merupakan junior mereka. Min Ah menjadi sangat tertarik dalam menyelidiki Shi Eun dan Hyo Shin ketika dia tanpa sengaja menemukan buku harian kedua gadis tersebut. Buku itu membawanya menguak hubungan aneh yang terjadi diantara mereka dan membawa Min Ah ke dalam peristiwa berantai yang mengerikan yang terjadi di sekitar sekolah. Setelah kematian Hyo Shin, kejadian supranatural mulai meneror semua siswi yang pernah mengutuk hubungan mereka. Hal ini kemudian mengungkapkan bahwa roh Hyo Shin yang penuh dengan kedengkian sedang menghantui sekolah melalui sisa-sisa dari buku harian yang dia tinggalkan. Endingnya sendiri gw lupa-lupa inget, bisa dibilang akhirnya Shi Eun minta maaf ke roh Hyo Shin (yg merasuki Min Ah) dan menceritakan alasannya kenapa dia menjauhinya. Sebenernya Shi Eun sendiri juga dikucilin semenjak kematian Hyo Shin. Gw bener2 lupa apakah Shi Eun juga nyusul si Hyo Shin apa egk (klo gak salah siy dia juga bunuh diri).


hubungan mereka jg ditiru ya kk

OMG!!!!!! (>_<)

gak ada bantal, paha temen pun jadi...

(kiri: Shi Eun, kanan: Hyo Shin)

My Opinion

Jujur, ini merupakan film horor Korea pertama tentang pasangan sesama jenis yg gw tonton. Waktu itu gw baru duduk di bangku SMU. Mgkn karena heboh drama Korea masuk ke Indonesia, jadinya Tr**s TV juga ikut-ikutan muter filmnya. Awalnya gw iseng aja nonton niy film karena sebelumnya yg tayang juga film Asia yaitu horor Jepang juga yang judulnya Persona (Kamen Gakuen) dan klo egk salah abis Memento Mori  trs tayang Dark Water. Yang pualing bikin gw shock pas nonton niy film ya adegan ciuman mereka berdua (sesama cewek bow!). Padahal waktu itu gw masih polos (hehehe, blm diracuni kyk sekarang ^^). Ya boleh dibilang film Memento Mori ini salah satu film kontroversial karena berani mengangkat kisah cinta sesama jenis. Dibilang serem ya lumayanlah untuk film horor (wlopun blm seserem Ju-On, gila serem bgt!). Sampe gw nemu tuh film dan gw tonton lagi, huweh! Pasti gw bakalan nulis ulang lagi, biar lebih lengkap. Yasu, sekian review-an singkat dari gw. Ja oyasuminasai mina-san. xD

4 komentar:

Ari RF mengatakan...

wahhh bener2 kontrovesial tapi hebat lah hahahha, jarang nonton kdrama horor ni, baru nonton death bell 1 hehhe

Aru mengatakan...

Klo horor Korea, jujur aq juga jarang nonton. Kbykn komedi romantis semua, hehe.

Iya RF mengatakan...

Iya takluk klo sm hal2 yg berbau horor mah.. Hiiiiii, suka parno..

Aru mengatakan...

Wah onni, aq juga kurang suka film horor. Suka gak bisa tidur, hehehe. ^^