Attention!

"ATTENTION! NO COPY-PASTE THIS BLOG WITHOUT PERMISSION OR DIE!!! Please, be my guest and follow me. Gomapta!" ^^

Selasa, 30 November 2010

Review K-Drama: Painter Of The Wind

Aigooo! Udah dua hari egk nulis blog. Haduh, malasnya jadi niy, hahaha. ^^ Okey, hari ini gw pengen bahas tentang drama Korea "Painter Of The Wind" (disingkat POTW aja ya). Mgkn teman2 udah pada tw dong tentang drama ini. Byk blog yg udah ngulas sinopsisnya. Jadi, untuk nge-refresh aja ya gw tulis ulang sedikit.

Painter Of The Wind



POTW merupakan drama Korea tahun 2008 yg diadaptasi dari sebuah novel karangan Lee Jung Myung. Yg menceritakan tentang kehidupan pelukis Shin Yoon Bok (diperankan oleh Moon Geun Young) dimana dia harus hidup sebagai seorang laki-laki demi mengungkapkan pembunuh ayah ibunya. Yoon Bok sebenernya kehilangan ingatan akibat trauma akan kematian orang tuanya yg terjadi di depan matanya (gw jg pernah kok gak inget klo dulu gw pernah dibuat nangis guru gw sendiri, curhat mode: ON). Yoon Bok yg nama sebenernya itu Seo Yoon kemudian diangkat anak oleh Shin Han Pyeong, yaitu salah satu pelukis istana yg emg kagum bgt sama bakat Yoon Bok. Sayang, demi ambisi sang ayah angkat, Yoon Bok mw gak mw harus menyamar sebagai laki-laki agar bisa masuk ke dalam akademi seni lukis (lagian semua muridnya emg laki-laki). Selain ditulis sebagai novel dan diadaptasi ke drama & film, serial POTW juga terbitkan mahwa-nya. Sejauh ini baru sekitar 2 jilid dan sedang berjalan.

cover novelnya


versi komiknya (beda yak, hehehe)


The Characters
1. Hyewon Shin Yoon Bok (Seo Yoon)


Shin Yoon Bok (Moon Geun Young)

Shin Yoon Bok atw yang aslinya bernama Seo Yoon adalah putri dari pelukis Seo Jing yang dibunuh 10 tahun yang lalu atas suruhan Ratu (emg dia biang keladinya). Setelah kedua orang tuanya meninggal, Yoon Bok diangkat anak oleh Shin Han Pyeong. Sang ayah angkat rupanya sejak dulu mengagumi bakat Yoon Bok dan diam-diam memiliki sebuah ambisi yaitu menjadikan Yoon Bok sebagai pelukis istana. Maka dari itu dia 'menjadikan' Yoon Bok sebagai anak laki-laki agar bisa masuk ke dalam lembaga seni. Yoon Bok mempunyai seorang kakak angkat yg bernama Shin Young-Bok. Gw sendiri egk tw knp sering mikir klo ini hyung (panggilan kakak bwt laki-laki) sebenernya diam2 suka dengan Yoon Bok. Dari pengorbanan yg dia lakukan agar demi Yoon Bok egk dihukum, dia rela menggantikan "adik"nya itu keluar dan dihukum sebagai pembantu seumur hidup (sumpah, keren banget niy cowok). Namun takdir memang kejam, Young Bok mengalami kecelakaan dan meninggal saat membantu mencarikan pewarna untuk Yoon Bok. Adegan yang paling menarik buat gw siy pas Yoon Bok nyamar jadi cewek buat ngelukis para wanita saat Dano Festival yang hanya khusus buat cewek aja (cowok dilarang masuk). Kocak banget pas sang guru juga ikut-ikutan nyamar jadi cewek cuma buat mastiin Yoon Bok bisa ngelukis dengan baik. ^^

2. Danwon Kim Hong Do

Kim Hong Do (Park Shin Yang)

Di samping Young Bok, ada juga Danwon Kim Hong Do. Dia adalah guru dari Yoon Bok yg juga teman dari ayahnya Yoon Bok yaitu Seo Jing. Awalnya dia diutus untuk menemukan pelaku yg melukis gambar Ratu secara diam2 (ternyata itu gambar Ratu abis selingkuh), namun setelah tw yg melukis itu adalah Yoon Bok, dia kemudian mati-matian melindungi muridnya itu (karena kagum dengan bakat Yoon Bok). Demi ngebebasin Yoon Bok juga dia rela ngebakar tangan kanannya sendiri. Wlopun mereka guru dan murid, tapi egk ada jarak dalam hubungan tersebut. Seperti saling mengejek atw bercanda, mereka layaknya teman akrab. Hong Do mempunyai rival bernama Lee Myung Ki, yg hubungannya seperti kucing & anjing (weleh2, udah pada tua tetep aja berantem). Sejalannya waktu, Hong Do pun mulai merasakan benih-benih cinta terhadap Yoon Bok yg jauh lebih muda darinya (klo gw itung2, mereka ini beda sekitar 17 thn) wlopun dia blm nyadar klo Yoon Bok itu sebenernya cewek. Hong Do sendiri sebenernya ditaksir oleh adik temannya (tapi yg bersangkutan gak nyadar). Hong Do merupakan salah satu orang kepercayaan dari Raja Jeongjo. Hal ini terlihat dari betapa seringnya sang Raja bertemu dengannya secara diam-diam.


Ternyata mereka cukup serasi juga (lebih cocok sebagai ayah-anak siy, hehe ^^)


3. Jeong Hyang


Jeong Hyang (Moon Chae Woon)

Melengkapi 'cinta' segitiga POTW, maka gak lengkap tanpa kehadiran orang ketiga. Ya, dia merupakan gisaeng primadona bernama Jeong Hyang. Tapi gimana jadinya klo wanita yg cantik ini justru jatuh cinta dengan Yoon Bok yg sebenernya itu cewek. Weits, jgn mikir yg egk2 dulu ya, karna di sini Jeong Hyang blm tw klo sebenernya Yoon Bok itu cewek (klo tw jg dia gak bkln naksir, hehehe). Awalnya sang gisaeng ini menganggap Yoon Bok sama seperti pria lainnya. Hal ini terlihat saat mereka bertemu di toko kain (saat itu Yoon Bok lagi ngegombalin Jeong Hyang). Namun seiring pertemuan selanjutnya, hati Jeong Hyang mulai luluh terhadap sang hwagong ini (dan kemudian Jeong Hyang memanggil Yoon Bok dengan sebutan 'hwagong' atw pelukis, sweet). Alasan kenapa Jeong Hyang jatuh cinta kepada Yoon Bok sangat lah simpel, karena cuma Yoon Bok yg bisa memperlakukan dirinya sebagai seorang manusia dan menghargainya sebagai seorang wanita. Selain itu hanya Yoon Bok lah yang bisa melihat 'jiwa'-nya kala dia bermain gayageum. Maka egk heran klo Jeong Hyang shock berat saat tw orang yg dia cintai itu adalah seorang wanita, saking shocknya sampe jatuh sakit gara-gara gak mw makan (wkwkwk, gw jg shock kok). Namun dia tetap mencintai Yoon Bok, karna emg sulit buat ngelupain 'cinta pertama'-nya itu (kasian banget ya...). Buktinya ornamen kupu-kupu pemberian Yoon Bok yg selalu dia pakai, kecuali pas dia udah tw klo Yoon Bok itu perempuan. Namanya juga gisaeng, ada aja halangannya. Jeong Hyang akhirnya dijual kepada Kim Jo Nyeon (tokoh antagonis di POTW). Oh ya, penggemar Yoon Bok-Jeong Hyang biasa menyebut mereka 'Dan Nyang Couple' atw 'The 5-Coins Couple'. Emg pasangan ini egk bisa diremehin, buktinya Moon Geun Young dan Moon Chae Woon memenangkan "The Best Couple" dalam SBS Award 2008. Ini pertama kalinya pasangan sesama jenis memenangkan penghargaan prestisius tersebut (ckckck, jurinya juga bingung tuh nentuinnya).

4. Kim Jo Nyeon

Kim Jo Nyeon (Ryoo Seung Yoong)

Om-om licik ini adalah dalang di balik pembunuhan orang tua Yoon Bok atas suruhan sang Ratu. Kim Jo Nyeon adalah seorang pedagang yang sangat kaya (ya iyalah, backing-annya menteri gitu), makanya dia sanggup ngebeli si Jeong Hyang. Jo Nyeon memiliki pengawal pribadi yang kejam. Dia juga mendirikan lembaga seni sendiri yang kemudian hasil karya para murid tersebut dilelang demi keuntungannya sendiri (udah tua, maruk lagi, ckckckck). Tapi dia ternyata juga memiliki sisi baik lho, buktinya dia egk mau 'nyetuh' Jeong Hyang sampai dia dapetin hatinya (hati Jeong Hyang udah milik Yoon Bok om!). Namun akhirnya si om kena karmanya sendiri, dia tewas dibunuh oleh pembunuh bayaran yang disewa mentri atas suruhan Ratu.

5. King Jeong Jo

King Jeong Jo (Bae Soo Bin)

Punya raja ganteng, pintar, bijaksana kayak gini siy sapa yang bakalan nolak (Tapi gw gak mw dimadu, khe khe khe). King Jeong Jo atw yang akrab disapa Joona oleh para bawahannya adalah putra dari pangeran Sado yang dihukum mati oleh sang kakek. Gw sendiri agak gak paham alasan bokapnya dihukum mati, tapi lagi-lagi biangnya ya siy Ratu (tobat atuh bibi). Jeong Jo sangat mempercayai Hong Do, maka gak heran klo dia bisa curhat soal minta dibuatin lukisan bapaknya yaitu Pangeran Sado yg menurut sejarah dihukum mati oleh ayahnya sendiri Raja Yeong Jo (kakek Raja Jeong Jo) karena dianggap gila. Wlopun masih muda, Jeong Jo ini adalah seorang raja yang pengasih (sekaligus tipe suami ideal, hahaha). Meski dia tw identitas Yoon Bok yang sebenernya, tapi dia tetep ngelindungin sang pelukis itu.

6. Queen Jeong Soon

Queen Jeong Soon (Lim Ji Eun)

Klo ditanya siapa biang keladi dari semua masalah yang menimpa Yoon Bok, ya ini dia orangnya. Sang Ratu inilah dalang dibalik pembunuhan para pelukis 10 tahun yang lalu yang menyebabkan Yoon Bok harus kehilangan orang tuanya dan Hong Do yang kehilangan guru dan teman baiknya. Dan cuma gara-gara si Yoon Bok ngelukis Ratu berakibat sang kakak harus keluar dari Dohwaseo (lembaga seni). Ratu Jeong Soon merupakan nenek dari sang raja. Menurut catatan sejarah, dia menikah dengan kakek Raja Jeong Jo yaitu  Raja Yeong Jo pada umur yg masih sangat muda (makanya di POTW dia blm keriput wlopun sbg nenek2, khe khe khe). Yang pasti dia selingkuh pas sang Raja lagi berdoa buat negerinya (beneran dah kualat niy bibi). Sang Ratu juga lah yang membuat Yoon Bok harus kabur dari Joseon (gara-gara dia tw klo Yoon Bok itu wanita dan mw mastiinnya).

7. Shin Young Bok

Shin Young Bok (Lee Joon)

Ngomongin POTW kyknya egk lengkap tanpa sang 'hyung'. Young Bok adalah kakak tiri dari Yoon Bok. Dia sangat sayang sm Yoon Bok sampe rela ngikutin sang adik kemanapun (rada little brother complex niy atw little sister complex ya?). Demi melindungi sang adik, Young Bok rela dikeluarin dari lembaga seni dan bekerja sebagai buruh pembuat warna, Bekbek-sonsaengnim. Di sana dia rupanya diam-diam ditaksir sama sang cucu (dicium lagi, hoho). Namun Young Bok akhirnya meninggal akibat jatuh dari atap setelah sebelumnya keracunan gara-gara ngebuatin warna dalam jumlah besar untuk sang adik tercinta (so sad..).

Selain drama, dibuat juga versi filmnya yg berjudul "Potrait Of The Beauty". Versi filmnya jauh lebih diperuntukkan untuk orang dewasa. Bagi yg nge-fans sama Kim Nam Gil, dia main di sini lho.

The Fact

Menurut catatan sejarah, Shin Yoon Bok itu aslinya adalah seorang laki-laki yang tinggi dan tampan (makanya dia sering digambarkan sebagai perempuan mgkn saking 'cantik'-nya) yang merupakan anak kandung dari Shin Han Pyeong. Yoon Bok dikabarkan hidup pada akhir abad ke-18. Dia emang seneng melukis lukisan eksplisit dan berbau erotisme (yg juga menyentil kehidupan kaum Yangban atw bangsawan), maka dari itu dia dipecat dari pelukis istana. Shin Yoon Bok memiliki pen name Hyewon. Tidak banyak yg bisa dijelaskan dari Shin Yoon Bok, karena cuma sedikit informasi yg didapat mengenai tokoh ini. Namun baru2 ini diketahui klo Shin Yoon Bok aslinya bernama Shin Ka Gwon. Yoon Bok emg dikenal dekat dengan Danwon Kim Hong Do dan dia berada di bawah bayang-bayang sang guru. Pada era Joseon, mereka dikenal sebagai "Three Won" yang terdiri dari Danwon, Hyewon dan Owon. Gw sendiri bingung kenapa tokoh Owon egk tampil di novel ini.

The Fanfiction

Gambarnya lucu, wkwkwk

Belum lama ini gw emang lagi tergila-gila banget sama ini drama. Gw sampe ubek-ubek Google buat nyari fanfictionnya dan ketemu, hehehe. Dalam fanfic-nya, lebih difokuskan kepada Yoon Bok & Jeong Hyang, jadi buat yg bukan penggemarnya atw yg egk suka cerita cinta sesama jenis JANGAN dibaca! Trs knp gw baca? Karena gw penasaran sama ceritanya yg ngegantung, tapi jujur menurut gw cerita ini emang bagus kok. Klo emg mw baca, kalian bisa buka postingan gw yg judulnya 'All About Fanfiction Story of Painter Of The Wind'. Di situ gw bahas tuntas mengenai fanfic2 yang berhubungan dengan drama ini.

Salah satunya seperti fanfic 'Painter Of The Wind: Sequel' ini, berikut sedikit sinopsisnya. Cerita dimulai dari adegan perpisahan antara Yoon Bok dengan Jeong Hyang. Kemudian cerita berganti menjadi 8 tahun setelah adegan tersebut. Diceritakan klo Jeong Hyang sudah mempunyai seorang anak laki-laki bernama Yeom Bok (nah lho, anak siapa tuh? yg pasti bkn Yoon Bok). Sedangkan Yoon Bok menjadi seorang guru lukis yg merupakan guru dari Yeom Bok. Apakah Yoon Bok dan Jeong Hyang akhrinya bertemu? Ya, mending kalian baca sendiri deh. Klo menurut gw, peran Yeom Bok sendiri di sini hampir sebagai Owon. Kenapa? Karena dia emg aslinya yatim piatu dan dia deket dengan Danwon & Hyewon, tapi ini persepsi gw ya. Okey? See you! ^^

4 komentar:

Anonim mengatakan...

ceritax seru bgt. baik dramax, ato kisah nyatax (beneran ada toh si pelukis ini d dunia nyata...)

tapi sepertix, versi movie-nya agak beda dari versi dramax y. versi dramax kan ngarah k tokoh yoon bok & jeong hyang (sm gurux juga sich)
tpi versi moviex, koq ada tokoh cowok baru? ato itu kakakx y? he, entahlah, lum pernah nonton moviex juga, he...

Anonim mengatakan...

tpi emang tokoh yoon bok d movie, bs tampil lebih gagah dripd d drama, secara wajahx lebih dewasa

tpi d drama, andai wajahx g cute, actingx tetep ok to jdi cowok:)

penasaran ma versi mangax. sayang, sulit di dpt. tpi sepertix, versi mangax, mirip versi moviex yach?

Aru mengatakan...

@anonim,,
Klo aku lebih suka versi drama krna YB disitu lebih cute~ dan pas banget dipasangin sama JH yg dingin n cantik, muhahaha.

Untuk manganya kyknya cenderung ikut ke drama chingu. Secara penggambarannya lebih mendekati ke arah sana. ^^

Anonim mengatakan...

Hehe, banyak jg ternyata yg bahas Painter of the Wind.
aq telat nih nontonnya....
padahal keluaran 2008 ya,
hehe, soalnya aq baru suka drama korea seminggu terakhir, dulu tuh sukanya telenovela.
Kl dibandingkan drama korea ma telenovela, kyknya bagusan drama korea deh.
dulu sempat ga suka (pikirku dulu ceritanya ga menarik). :p
tp pas aq coba ikuti ceritanya, wah jd ketagihan.... ternyata bagus..... :D
oh ya, kelahiran Moon Geun Young 6 Mei 1987 ya, hahaha, kaget lho aq liatnya, soalnya kelahiranku 6 Mei 1988 (cuma beda setaon ma dia).... :P
Oh ya, makasih banyak infonya ya aru....
salam kenal..... :)